Jumat, 09 Januari 2009

Kompetensi Guru TIK

Kompetensi Guru TIK
1. Personal
1) Selalu menampilkan diri sebagai pribadi yang mantap, stabil, dewasa, arif, dan berwibawa.
Indikator:
Membiasakan diri menerima serta memberi kritik dan saran.
Membiasakan diri mentaati peraturan.
Membiasakan diri konsisten dalam bersikap dan bertindak.
Membiasakan diri meletakkan persoalan sesuai dengan tempatnya.
2) Selalu menampilkan diri sebagai pribadi yang berakhlak mulia yang menjadi teladan bagi peserta didik.
Indikator :
Membiasakan diri berperilaku yang santun dan mencerminkan ketaqwaan.
Membiasakan diri berperilaku yang dapat diteladani oleh peserta didik.
3) Selalu berperilaku sebagai pendidik profesional.
Indikator :
Membiasakan diri menerapkan kode etik profesi guru dalam kehidupan sehari-hari.
Membiasakan diri selalu berkomitmen terhadap tugas sebagai pendidik.
Mengembangkan etos kerja secara bertanggungjawab.
4) Mengembangkan diri secara terus menerus sebagai pendidik profesional.
Indikator :
Memanfaatkan berbagai sumber untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan kepribadian.
Mengikuti berbagai kegiatan yang menunjang pengembangan profesi keguruan.
5) Mampu menilai kinerja sendiri yang dikaitkan dengan pencapaian tujuan utuh pendidikan TIK.
Indikator :
Mengkaji strategi berfikir reflektif untuk melakukan penilaian kinerja sendiri.
Berusaha memecahkan permasalahan yang dihadapi dalam meningkatkan kinerja sendiri untuk kepentingan pendidikan TIK.
Menindaklanjuti hasil penilaian kinerja sendiri untuk kepentingan peserta didik
2. Profesional
Kemampuan penguasaan materi pembelajaran TIK secara luas dan mendalam yang memungkinkan guru dapat membimbing peserta didik untuk memenuhi standar kompetensi yang ditetapkan dalam Standar Nasional Pendidikan.
1) Adaptif (Ketrampilan Komputer dan Pengolahan Informasi)
a. Memiliki sikap (etika dan moral) dan Kesehatan serta Keselamatan Kerja (K3) dalam menggunakan perangkat Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).
Mengidentifikasi aturan-aturan yang berkaitan dengan etika dan moral terhadap perangkat lunak TIK.
Mengidentifikasi syarat-syarat Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) dalam menggunakan perangkat TIK.
Memahami ketentuan penggunaan TIK
Menerapkan aturan yang berkaitan dengan etika dan moral terhadap perangkat keras dan perangkat lunak TIK
Menerapkan prinsip-prinsip Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) dalam menggunakan perangkat keras dan perangkat lunak TIK.
b. Menguasai konsep dasar perangkat keras dan perangkat lunak.
Mengidentifikasi perkembangan perangkat keras dan lunak;
Mengidentifikasi alat input, alat pemroses dan alat output dari komputer.
Mampu memasang/mengganti komponen Personal Computer (PC): hardisk, memori, soundcard, dll.
Mengidentifikasi sistem operasi dari komputer.
Melakukan operasi dasar komputer dengan menggunakan salah satu sistem operasi.
Melakukan manajemen file.
Melakukan setting periferal.
Mengidentifikasi aplikasi perangkat lunak.
c. Menguasai program pengolah kata.
Mengidentifikasi anatomi dan fungsi perangkat lunak pengolah kata.
Membuat dokumen baru dengan menggunakan program pengolah kata.
Mampu mengedit, mengelola dan mencetak dokumen.
Menggunakan menu dan ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pengolah kata.
Membuat dokumen dengan melibatkan tabel, gambar, dan diagram.
Membuat Object Linking and Embedding
Membuat karya-karya menggunakan program pengolah kata
d. Menguasai program lembar kerja atau spread sheet.
Mengidentifikasi perangkat lunak lembar kerja beserta fungsi ikon dan menunya
Membuat lembar kerja dengan menggunakan program lembar kerja
Mampu mengedit, mengelola dan mencetak lembar kerja
Membuat lembar kerja dengan melibatkan formula, grafik, dan gambar
Menggabungkan karya lembar kerja dengan dokumen program pengolah kata
Mampu menggunakan menu dan ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pengolah angka
Mampu menganalisis pengambilan keputusan dengan perangkat lunak lembar kerja.
e. Menguasai program pengolah presentasi.
Mengidentifikasi anatomi dan fungsi perangkat lunak presentasi.
Menggunakan menu dan ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pembuat presentasi.
Membuat bahan presentasi.
Mampu mengedit, mengelola dan mencetak dokumen presentasi.
Membuat animasi dalam presentasi.
Mampu memperindah presentasi.
Membuat karya menggunakan program presentasi
f. Menguasai program pengolah database.
Mengidentifikasi prinsip dasar database.
Mengidentifikasi pemeliharaan database.
Mengidentifikasi tabel yang meliputi perancangan, Properties, View dan Wizard.
Mengidentifikasi Form yang meliputi perancangan, Properties dan Wizard.
Mengidentifikasi queri yang meliputi perancangan, operator, parameter dan fungsi yang terdapat dalam queri.
Mengidentifikasi Report yang meliputi perancangan dan modifikasi.
Membuat karya menggunakan program untuk membuat database.
g. Menggunakan internet untuk keperluan informasi dan komunikasi.
Mengenal perangkat keras dan fungsinya untuk keperluan akses internet.
Mengidentifikasi web browser.
Memahami perintah dasar web browser.
Memahami penamaan alamat internet (URL), alamat surat (e-mail) dan aturan penulisan alamat di internet.
Membuat surat elektronik (e-mail).
Membuat Mailing List.
Menggunakan internet untuk memperoleh dan mencari informasi.
Menggunakan internet untuk berkomunikasi langsung.
2) Produktif (Keahlian)
a. Menggunakan paket-paket program grafis dan multimedia.
Indikator
Mengidentifikasi anatomi program membuat grafis
Menggunakan menu dan ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pembuat grafis.
Membuat grafis dengan berbagai variasi warna, bentuk, dan ukuran.
Melakukan entry data (grafis) dengan menggunakan image scanner.
Mengoperasikan software pengolah gambar vektor (digital illustration) dan gambar raster (digital imaging).
Mengoperasikan periferal web.
Melakukan entry data (web) dengan menggunakan image scanner.
Mengoperasikan software web design, 2D animation dan FTP.
Mengoperasikan periferal mult
Melakukan entry data (multimedia) dengan menggunakan image scanner.
Mengoperasikan software multimedia dan presentasi.
Mengoperasikan periferal animasi 3D
Mengoperasikan animasi 3 dimensi.
Mengoperasikan periferal multimedia.
Mengoperasikan perangkat lunak multimedia
Mengoperasikan periferal perekam suara.
Mengoperasikan periferal perekam gambar.
Mengoperasikan perangkat lunak penyunting audio.
Mengoperasikan perangkat lunak penyunting video.
Mengoperasikan perangkat lunak efek visual.
Menguasai image video and audio acquisition.
Mengedit dan memanipulasi image, video, dan audio.
Menerapkan program grafis dan multimedia untuk presentasi grafis.
b. Mengenal bahasa pemrograman dan Rekayasa Perangkat Lunak.
Indikator
Mengidentifikasi diagram alur dan algoritma pemrograman.
Mengidentifikasi perintah dasar dan menu suatu bahasa pemrograman.
Mengidentifikasi Tipe, Nama dan Nilai
Mengidentifikasi runtunan.
Membuat program dengan pemilihan.
Membuat program dengan perulangan.
Membuat program dengan prosedur/fungsi.
Membuat program dengan larik.
Menyiapkan dan melakukan survey untuk menentukan kebutuhan data.
Mengoperasikan software bahasa pemograman level 1.
Konversi data level 1.
Menguji program level 1.
Mengoperasikan sistem operasi jaringan komputer berbasis teks.
Melakukan perancangan pengumpulan data
Melakukan desain dan perancangan software.
Melakukan pengkodean program.
Melakukan back up basis data.
Melakukan restore basis data.
Mengoperasikan software aplikasi basis data.
Membuat query data.
Menguji dan memperbaiki kesalahan program.
Membangun interface dengan bahasa pemograman berorientasi objek.
Mengoperasikan bahasa pemograman berbasis web.
Membangun program aplikasi remote data interaktif.
c. Menggunakan jaringan lokal (LAN) dan non lokal (WAN) untuk keperluan informasi dan komunikasi.
Memahami prinsip-prinsip komunikasi data.
Mengenal dan memahami piranti jaringan.
Memahami topologi dan hirarki jaringan.
Memahami multi user acces.
Memahami media transmisi(kabel dan nirkabel)
Mengoperasikan PC dalam suatu jaringan.
Menginstalasi PC.
Mendiagnosis permasalahan pengoperasian PC dan periferal
Melakukan perbaikan dan/atau setting ulang sistem PC.
Melakukan perbaikan peripheral.
Melakukan perawatan PC.
Melakukan perawatan peripheral.
Menginstalasi sistem operasi berbasis GUI (Graphical User Interface).
Menginstalasi sistem operasi berbasis text.
Menginstalasi software.
Mem-Back-Up dan Me-Restore software
Menginstalasi perangkat jaringan lokal (Local Area Network).
Mendiagnosis permasalahan pengoperasian PC yang tersambung jaringan.
Melakukan perbaikan dan/atau setting ulang koneksi jaringan.
Menginstalasi sistem operasi jaringan berbasis GUI (Graphical User Interface).
Menginstalasi sistem operasi jaringan berbasis text.
Menginstalasi perangkat jaringan berbasis luas (Wide Area Network).
Mendiagnosis permasalahan perangkat yang tersambung jaringan berbasis luas (Wide Area Network).
Melakukan perbaikan dan/atau setting ulang .
Memilih aplikasi untuk server
3. Pedagogik
Kemampuan mengelola peserta didik yang meliputi pemahaman terhadap peserta didik, perancangan dan pelaksanaan pembelajaran, evaluasi hasil belajar, serta pengembangan peserta didik berbasis TIK untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimiliki.
1) Mampu memutuskan mengapa, kapan, dimana, dan bagaimana TIK mendukung tujuan pengajaran, dan bagaimana memilih jenis-jenis TIK yang sesuai untuk keperluan belajar siswa.
Indikator:
Memilih jenis TIK dan pengajaran yang sesuai dengan materi pelajaran
Menjelaskan alasan memilih jenis TIK dan pengajaran
Merencanakan pelajaran, memutuskan kapan dan bagaimana TIK akan digunakan.
2) Mampu mengembangkan potensi peserta didik.
Indikator:
Mengkaji teori-teori tentang teknologi informasi dan komunikasi.
Melaksanakan bimbingan belajar tentang teknologi informasi dan komunikasi yang dibutuhkan anak didiknya.
Mengembangkan kegiatan praktikum dalam proses pembelajaran.
3) Menguasai prinsip-prinsip dasar pembelajaran berbasis TIK.
Indikator:
Mengkaji landasan filosofis yang mendasari pembelajaran berbasis TIK di tingkat sekolah menengah kejuruan.
Mengkaji prinsip-prinsip dasar pembelajaran berbasis TIK
Mengkaji berbagai model pembelajaran berbasis TIK yang terpusat pada siswa dan sesuai untuk tingkat sekolah menengah kejuruan
Mengkaji berbagai pendekatan, strategi, metode dan teknik pembelajaran berbasis TIK yang mendidik, termasuk untuk siswa yang berkelainan dan atau berkesulitan belajar
4) Mengembangkan kurikulum TIK yang mendorong keterlibatan peserta didik dalam pembelajaran.
Indikator:
Mengembangkan bahan ajar TIK dalam berbagai format yang mengakomodasi perbedaan kebutuhan peserta didik
Mengembangkan berbagai media pembelajaran tentang TIK yang bersumber dari lingkungan yang memicu keterlibatan anak didik secara aktif dan menyenangkan
5) Merancang pembelajaran TIK yang mendidik.
Indikator:
Mengkaji prinsip-prinsip perencanaan pembelajaran TIK yang mendidik.
Menyusun rencana pembelajaran yang mempertimbangkan karakteristik anak didik dan mata pelajaran berbasis TIK tingkat sekolah menengah kejuruan untuk mencapai tujuan utuh pendidikan
6) Melaksanakan pembelajaran TIK yang mendidik.
Indikator:
Menerapkan keterampilan dasar mengajar mata pelajaran (MP) berbasis TIK.
Menciptakan lingkungan belajar yang kondusif
Melaksanakan pembelajaran dengan mempertimbangkan karakteristik anak dan MP berbasis TIK tingkat sekolah menengah kejuruan dalam rangka pencapaian tujuan utuh pendidikan
Mengelola kelas dengan memanfaatkan potensi yang ada pada siswa
Melakukan penyesuaian transaksional dalam pelaksanaan pembelajaran sesuai dengan kebutuhan anak didik dan pencapaian tujuan utuh pendidikan
Menerapkan model-model pembelajaran berbasis TIK yang memicu keaktifan siswa dalam proses pembelajaran.
Menggunakan lingkungan sekolah sebagai laboratorium pembelajaran berbasis TIK.
Memberikan bantuan individual sesuai dengan kebutuhan peserta didik
7) Menilai proses dan hasil pembelajaran TIK yang mengacu pada tujuan utuh pendidikan.
Indikator:
Mengkaji berbagai strategi dan prosedur penilaian proses dan hasil pembelajaran TIK yang mengacu pada tujuan utuh pendidikan
Mengembangkan berbagai instrumen penilaian proses dan hasil pembelajaran TIK.
Melaksanakan penilaian proses dan hasil pembelajaran TIK yang mengacu pada tujuan utuh pendidikan
Membiasakan diri melakukan refleksi mengenai proses dan hasil pembelajaran TIK.
Menindaklanjuti hasil penilaian untuk memperbaiki kualitas pembelajaran TIK.
4. Sosial
Kemampuan pendidik sebagai bagian dari masyarakat untuk berkomunikasi dan bergaul secara efektif dengan peserta didik, sesama pendidik, tenaga kependidikan, orang tua/wali peserta didik, dan masyarakat sekitar terhadap perkembangan TIK
1) Mampu berkomunikasi secara efektif dengan orang tua peserta didik, sesama pendidik, dan masyarakat sebagai stakeholders dari layanan ahlinya.
Indikator:
Berkomunikasi dengan orang tua peserta didik, sesama pendidik, dan masyarakat tentang program pembelajaran TIK dan kemajuan peserta didik.
Mengikutsertakan orang tua peserta didik dan masyarakat dalam program pembelajaran TIK dan dalam mengatasi kesulitan belajar peserta didik.
2) Berkontribusi terhadap perkembangan pendidikan TIK di sekolah dan masyarakat.
Indikator:
Bekerjasama dengan teman sejawat dalam menyelenggarakan berbagai program pendidikan berbasis TIK di sekolah.
Merancang berbagai program berbasis TIK untuk mengembangkan pendidikan di sekolah dan lingkungan sekitar.
3) Berkontribusi terhadap perkembangan pendidikan TIK di tingkat lokal, regional, dan nasional.
Indikator:
Mampu mengidentifikasi dan menganalisis masalah-masalah pendidikan TIK di sekolah pada tataran lokal, regional, dan nasional.
Mengembangkan alternatif pemecahan masalah-masalah pendidikan TIK di sekolah.
4) Mampu memanfaatkan TIK untuk berkomunikasi dan mengembangkan diri
Indikator:
Mengkaji berbagai perangkat TIK.
Mampu mengoperasikan berbagai peralatan pembelajaran untuk berbagai kepentingan peningkatan keprofesionalan.
Memanfaatkan TIK untuk berkomunikasi dan mengembangkan kemampuan profesional

Tidak ada komentar:

Posting Komentar